PAMERAN APKASI EXPO 2017

Dilihat : 2300 Kali, Updated: Senin, 07 Agustus 2017
PAMERAN APKASI EXPO 2017

PAMERAN APKASI EXPO 2017

(Pemberian Penjelasan oleh Ibu Kepala DPMPPTSP Kabupaten Banyumas kepada Calon Investor)

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Ssatu Pintu Kabupaten Banyumas telah mengikuti pameran APKASI Expo 2017 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta dimulai pada hari Selasa tanggal 18 Juli s/d Jumat 21 Juli 2017. Pameran APKASI Expo 2017 merupakan pameran yang ke-13 kalinya  bertujuan untuk ajang promosi dari instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dengan tema “Menumbuhkembangkan Jiwa Enterprenuer Daerah Dalam Menghadapi Persaingan Global”. Salah satu tujuan pelaksanaan Pameran APKASI Expo 2017 adalah untuk  mensukseskan program pemerintah dalam usaha meningkatakan  pertumbuhan ekonomi di daerah melalui perdagangan dan investasi. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan cara meningkatkan daya saing yang kuat sehingga dapat memenangkan persaingan dan merebut pasar baik di tingkat ASEAN maupun pasar global. Selain pameran dan business matching, acara ini juga menggelar semiloka dengan topik berdasarkan kebutuhan daerah dan para pelaku usaha dengan narasumber yang sesuai dengan bidangnya. Peserta Pameran APKASI Expo 2017 yang berada di Hall A dan Hall B berjumlah kurang lebih 300 yang terdiri dari  Pemerintah Kabupaten, Provinsi, Kota, Kementerian terkait, BUMN, Perusahaan swasta nasional dan multinasional, serta Lembaga Pemerintah Non Departemen.  

              Pameran APKASI Expo 2017 dibuka oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara Rapat Kerja Nasional X Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan tema “Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan antara Pusat dan Daerah”. Pameran APKASI Expo 2017 dibuka pada hari Rabu, 19 Juli 2017 Pukul 09.00 WIB oleh Presiden RI.

              Rangkaian Kegiatan Pameran meliputi beberapa acara yaitu a) Businiss Matching, b) One on One Meeting, c) Workshop, d) Seni Budaya, dan f) Seni Kriya.  Manfaat dari Pameran APKASI Expo 2017 adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai sarana publikasi dan promosi yang efektif dan efisien.
  2. Untuk menjaring kepeminatan investor untuk menanamkan modalnya.
  3. Membangun dan mengembangkan jaringan bisnis serta kerjasama kemitraan.
  4. Untuk menanamkan Brand Image yang lebih baik kepada konsumen.
  5. Memperlihatkan eksistensi dan kemampuan dalam menghadapi persaingan global.
  6. Untuk mendekatkan diri kepada konsumen agar dapat lebih tahu terhadap potensi investasi, produk-produk unggulan daerah dan produk-produk yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dan Menengah(UKM).

Dalam pameran APKASI Expo 2017, DPMPPTSP Kabupaten Banyumas mempromosikan potensi dan peluang investasi di sektor Pariwisata, Perdagangan dan Properti. Investasi sektor Pariwisata yang ditawarkan adalah Kereta Gantung Baturraden dan Investasi sektor Properti menawarkan Menara Purwokerto sebagai City Branding. Disamping itu kami juga membagikan informasi melalui media cetak berupa leaflet dan booklet yang dilengkapi dengan tas promokit.

          Pengunjung pameran sangat antausias dan memberikan apresiasi terhadap materi yang dipamerkan oleh stand Kabupaten Banyumas, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang ingin dijelaskan secara ringkas gambaran tentang letak geografis Kabupaten Banyumas, potensi dan peluang investasi yang ada di Kabupaten Banyumas yang sedang dipromosikan. Pengunjung juga memberikan saran dan masukan terhadap peningkatan Potensi dan Peluang Investasi yang ditawarkan pada pameran ini agar lebih baik dan dapat berkembang serta mampu bersaing dengan daerah lain.

(Calon Investor dari Kedutaan Besar Irak)

Pameran ditutup oleh Panitia pada Hari Jumat tanggal 21 Juli 2017, Pukul 15.00 WIB. Dari pelaksanaan kegiatan Promosi Investasi dalam bentuk pameran ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan signifikan terhadap kepeminatan dari masyarakat pelaku bisnis   dan  calon    investor   untuk     menanamkan    modalnya   di   Kabupaten   Banyumas. Selain itu saran masukan dari sebagian para pengunjung pameran dapat menjadi bahan masukan yang baik sebagai evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pameran yang dilaksanakan oleh DPMPPTSP Kabupaten Banyumas baik dari segi penampilan stand maupun dari penampilan Potensi dan Peluang Investasi, sehingga memiliki daya saing yang kompetitif dengan daerah-daerah lain. Pada pameran APKASI Expo 2017  ini terjadi kepeminatan berjumlah 5 calon investor yaitu dari a) Kedutaan Besar Kanada berminat berinvestasi Kereta Gantung/Infrastuktur. b) DPMPTSP Kab. Bandung Barat berminat berinvestasi untuk Menara Tower Purwokerto, c) PT. VIBIZ Capital berminat berinvestasi di bidang Jasa, d) PT. Caturdaya Perkasa Pratama berminat berinvestasi di bidang Jasa, e) Ballu grup berminat berinvestasi di bidang Perdagangan.

 

Komentar