CENTRAL JAVA INVESTMENT BUSINESS FORUM (CJIBF) dan CENTRAL JAVA BUSINESS EXPO (CJBE)

CENTRAL JAVA INVESTMENT BUSINESS FORUM (CJIBF) dan CENTRAL JAVA BUSINESS EXPO (CJBE)

CENTRAL JAVA INVESTMENT BUSINESS FORUM (CJIBF) dan

CENTRAL JAVA BUSINESS EXPO (CJBE)

 PADA TANGGAL 22 S/D 25 NOVEMBER 2017

DI HOTEL PARAGON dan PARAGON MALL, SURAKARTA

 

Pelaksanaan Kegiatan Central Java Investment Business Forum (CJIBF) dan Central Java Investment Business Expo (CJBE) 2017 telah dilaksanakan di Hotel Paragon dan Paragon Mall, Surakarta pada tanggal 22 s/d 25 November 2017. Pelaksanaan Kegiatan Central Java Investment Business Forum (CJIBF) didahului dengan  acara Welcome Dinner yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2017,  pukul 18.30 bertempat di  Loji Gandrung yang dihadiri oleh peserta yang telah mendaftar melalui website. Pada hari berikutnya Kamis, 23 November 2017 diadakan VIP Breakfast Meeting yaitu dilaksanakannya pertemuan dalam rangka sinkronisasi terkait regulasi penanaman modal antara Kepala BKPM RI, sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dan seluruh Bupati/Walikota se-Jawa Tengah. Kemudian pada pukul 09.30 wib dilaksanakan Kegiatan Central Java Investment Business Forum (CJIBF)  dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Central Java Investment Business Expo (CJIBE) 2017 dibuka oleh Kepala BKPM RI, Bapak Thomas Lembong. Acara  dihadiri oleh para undangan dari instansi penanaman modal Kabupaten/kota se – Jawa Tengah, pihak terkait dan stakeholder serta para investor. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa acara CJIBF dan CJBE ini adalah sebagai ajang promosi potensi dan peluang investasi Kabupaten/kota se- Jawa Tengah. Terdapat kegiatan baru yang berkaitan dengan Satuan Tugas untuk menyusun E-service yang berbasis web-service dalam rangka pengembangan pelayanan perizinan khususnya di DPMPTSP se - Jawa Tengah yang akan terintegrasi ke seluruh DPMPTSP se- Jawa Tengah.

Event Central Java Investment Business Forum (CJIBF)  dan Central Java Investment Business Expo (CJIBE) ini untuk mensinergikan kegiatan promosi investasi antara Provinsi dan Kabupaten/Kota yang diharapkan dapat mendorong peningkatan realisasi investasi dan membangun citra Jawa Tengah sebagai daerah tujuan investasi. Pada pelaksanaan CJIBF 2017 terdapat acara Talk Show dengan paparan narasumber dari Menteri Pariwisata, Kepala BKPM dan Presiden Komisaris PT. Jababeka Tbk. dengan Moderator Dr. Aviliani, SE, M.Si. (ahli ekonomi), dilanjutkan dengan Penandatanganan Simbolis Letter of Intens (LoI) antara Bupati/Walikota dan calon investor (disaksikan narasumber). Dalam acara CJIBF ini, juga dikenalkan program Koridor Ekonomi, Perdagangan, Investasi dan Pariwisata Jawa Tengah (KERIS JATENG) yang merupakan forum koordinasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Indonesia yang bertujuan untuk mengintegrasikan sumber daya dan kekuatan daerah, dalam rangka penguatan layanan investasi agar lebih profesional dan pro aktif dalam upaya menarik investor serta meningkatkan daya saing global dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Dalam sesi acara One on One Meeting yang memfasilitasi antara Bupati/Walikota dengan calon investor, terdapat kepeminatan 3 LoI yaitu PT. Indo Citra Interwisata, Jakarta dengan kepeminatan di sektor Pariwisata dengan nilai investasi sebesar Rp 50 milyar, PT. Daiwatech Indonesia International, Tangerang Selatan dengan kepeminatan di sektor Pariwisata dan Kelistrikan dengan nilai investasi kurang lebih sebesar Rp 75 Milyar, PT. Prospera Jaya Group, Semarang dengan kepeminatan di sektor Property, Peternakan Sapi dan Pengelolaan Ikan dengan nilai investasi sebesar Rp 30 Milyar.

Pada hari yang sama, berlangsung juga Pelaksanaan CJBE di Paragon Mall, surakarta yang diikuti oleh instansi penanaman modal se- Jawa Tengah, Perbankan dan BUMN. Acara CJBE dikemas dalam bentuk pameran Potensi dan Peluang Investasi masing-masing Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah. Dalam acara Central Java Business Expo (CJBE) ini Kabupaten Banyumas menawarkan Potensi dan Peluang Investasi Menara sebagai City branding, Kereta Gantung yang berlokasi di Baturaden, Bianglala yang berlokasi di Andang Pangrenan. Pada acara CJBE terdapat kepeminatan 1 LoI dari Sedayu Capital, Jakarta yang berminat di sektor energy (PLTMH) dengan nilai investasi kurang lebih Rp 20 s/d Rp 40 Milyar. Diharapkan Kabupaten Banyumas tetap mengikuti acara ini sebagai ajang untuk mempromosikan potensi dan peluang investasi untuk menarik investor menanamkan modalnya di kabupaten Banyumas.

Rekapitulasi LoI Pelaksanaan CJIBF dan CJBE 2017 adalah sebagai berikut:

No

Kegiatan

Calon Investor

Kepeminatan

Rencana Nilai Investasi

1.

CJIBF

PT. Indo Citra Interwisata

Pariwisata

Rp 50 Milyar

2.

CJIBF

PT. Daiwatech Indonesia International

Pariwisata & Kelistrikan

Rp 75 Milyar

3.

CJIBF

PT. Prospera Jaya Group

Property, Peternakan Sapi & Pengelolaan Ikan

Rp 30 Milyar

4.

CJBE

Sedayu Capital

Energi (PLTMH)

Rp 20 s/d 40 Milyar

 

Total

± Rp 195 Milyar

Related Posts

Komentar